Destinasi Wisata
7 Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Koh Samui, Thailand

7 Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Koh Samui, Thailand

Koh Samui adalah pulau paling terkenal di Thailand. Pulau asli Thailand, Koh Samui menjadi terkenal sebagai tempat yang murah bagi para backpacker dan orang-orang pesta hedonis, tetapi pulau itu berkembang menjadi pulau canggih yang cocok untuk semua orang. Berbulan madu ke backpacker, pelancong solo ke keluarga, mudah untuk melihat mengapa Koh Samui adalah tujuan yang harus dikunjungi di Thailand dan memiliki banyak pilihan.

Pantai berpohon palem putih, resor mewah, patung Big Buddha, air terjun, budaya, kehidupan malam yang ramai, wisata pulau, belanja yang luar biasa, Muay Thai Boxing, yoga dan spa, restoran berbintang Michelin, masakan Thailand yang lezat, Koh Samui memiliki semuanya.

Apakah Anda tinggal selama beberapa malam atau beberapa minggu, kami membagikan 7 alasan mengapa Anda harus mengunjungi Koh Samui, Thailand.

Jika Anda menonton film Leonardo DiCaprio “The Beach”, Anda mungkin ingat deskripsi perjalanannya dari Bangkok ke pulau Koh Samui “Bangkok ke Surat Thani, Surat Thani ke Na Thon, Na Thon ke Chawang” – Saya sangat senang saat Saya menemukan bahwa saya akan mengambil rute ini selama perjalanan lima minggu saya di sekitar Thailand selatan.

Koh Samui adalah pulau yang mudah dijangkau, terutama jika Anda terbang ke Bangkok. Saya mengunjungi sebagai backpacker, begitu pula dengan rute backpacker klasik Thailand untuk naik kereta malam dari Bangkok ke Surat Thani, lalu naik feri dari Surat Thani ke pelabuhan Na Thon di Koh Samui. Kereta malam nyaman dan terjangkau, tapi AC-nya terlalu dingin buat saya jadi saya sarankan bawa fleece dan celana panjang. Pilihan perjalanan alternatif tercantum di bagian bawah posting ini.

Saya menghabiskan tiga minggu di Koh Samui, tetapi seharusnya hanya berada di sini beberapa hari. Itu memiliki banyak hal untuk ditawarkan sehingga waktu berlalu dengan cepat, dan saya merasa saya melakukan sebagian besar dari apa yang ada untuk dilihat dan dilakukan di pulau itu. Sebuah pulau kecil, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengendarainya, sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan beberapa aktivitas dalam satu hari. Berikut adalah pilihan aktivitas terbaik saya di Koh Samui.

1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari di Pantai yang Indah

Koh Samui memiliki banyak pantai indah berpohon palem, yang harus Anda lakukan adalah memutuskan mana yang tepat untuk Anda.

Chaweng adalah yang terbesar dan terpopuler. Pada siang hari Anda bisa berjemur di hamparan pasir sepanjang 3 km, dan memesan nanas segar dari salah satu penjual pantai. Bagi para shopaholic, Anda akan menemukan banyak toko suvenir yang berjejer di tepi pantai.

Dengan variasi pub dan klub terbaik, tinggallah di Chaweng setelah matahari terbenam untuk menikmati kehidupan malam yang ramai. The Green Mango adalah ruang terbuka besar dengan banyak bar dan memiliki suasana pesta yang tepat. Untuk suasana yang lebih dingin, Bar Reggae memiliki meja snooker, lantai dansa terbuka, pengaturan tempat duduk, bar makanan ringan dan meja yang menghadap ke air yang memberikan angin segar.

Jika Anda mencari pantai yang lebih santai dan tenang, pergilah ke Chaoeng Mon. Untuk kecanggihan dan Bintang Michelin atau santapan lezat, coba Bophut, atau jika Anda ingin tinggal di resor mewah maka Pantai Maenam mungkin yang tepat untuk Anda.

Saya menginap di Lamai yang jaraknya sekitar 30 menit dari Chaweng. Meskipun Pantai Lamai adalah tempat terpopuler kedua di pulau itu, namun lebih tenang tetapi masih memiliki banyak toko, bar, dan restoran.

2. Melihat Bebatuan Lamai Viewpoint, Hin Ta dan Hin Yai

Di ujung pantai Lamai ada bebatuan berbentuk nakal yang “terkenal”. Hin Ta (Kakek) dan Hin Yai (Nenek) semacam alat kelamin pria dan wanita, dan patut dikunjungi untuk cekikikan.

Di sebelah batu Kakek dan Nenek adalah Sudut Pandang Lamai, salah satu sudut pandang terbaik di seluruh Koh Samui. Pemandangannya menakjubkan jadi jika Anda berada di daerah ini, pasti meluangkan waktu untuk memeriksanya.

3. Berenang di Air Terjun Na Muang

Pulau surga bukanlah surga tanpa air terjun! Terletak di lingkungan hutan, terdapat air terjun Na Muang 1 dan Na Muang 2 yang keduanya mudah dijangkau. Setelah perjalanan kecil, Anda akan dihadiahi dengan berenang yang menyegarkan di Na Muang 1, dan 30 menit lebih jauh ke atas bukit adalah Na Muang 2.

Jadilah turis yang bertanggung jawab – JANGAN NAIK GAJAH. Ada taman gajah di sini dan mereka menjadi sasaran penyiksaan seumur hidup hanya agar Anda bisa menungganginya. Jangan berkontribusi pada pelecehan hewan demi selfie.

Baca Juga: Asyiknya Liburan ke Bogor

4. Kunjungi Patung Besar Buddha

Salah satu hal utama yang harus dilakukan di Koh Samui adalah mengunjungi Wat Prah Yai atau “Big Buddha”.

Dibangun pada tahun 1972, atraksi bintang pulau ini terletak di pantai Bang Rak. Big Buddha adalah patung emas setinggi 12 meter (40 kaki), yang dapat dilihat dari seluruh bagian utara pulau. Itu dicapai dengan menaiki serangkaian anak tangga yang diapit oleh ular mitos. Ketika Anda mencapai puncaknya, itu memberikan pemandangan laut biru kehijauan yang menakjubkan.

Sangatlah layak untuk melakukan perjalanan sehari dari liburan pantai Anda untuk mengunjungi daerah ini, dan jika melihat biksu Buddha yang telah menjadi mumi ada di daftar keinginan Anda, Wat Khunaram ada di dekatnya.

CATATAN: Ini adalah kuil religius yang aktif, jadi harap berpakaian sopan dengan menutupi lutut dan bahu Anda, meskipun dengan sarung.

5. Pergi ke Island Hopping

Koh Samui dekat dengan dua pulau populer lainnya, jadi mudah untuk naik feri untuk perjalanan sehari, atau ke pulau hop dan tinggal lebih lama.

Koh Tao atau “pulau penyu” adalah salah satu tempat paling terkenal dan termurah di dunia untuk belajar scuba diving. Ini adalah pulau terkecil dari tiga pulau, dan memiliki banyak pantai yang indah. Mango Bay adalah yang paling populer untuk wisata sehari dari Koh Samui dan merupakan tempat yang baik untuk snorkeling jika Anda tidak ingin belajar menyelam tetapi masih ingin melihat ikan karang yang berwarna-warni.

Koh Phangan paling terkenal dengan Pesta Bulan Purnama yang hedonistik di Pantai Matahari Terbit Haad Rin, di mana orang yang bersuka ria dapat minum ember vodka redbull, dan menari dari matahari terbenam hingga matahari terbit. Jika Anda tidak berada di Koh Samui untuk melihat bulan purnama, nantikan pesta bulan setengah dan bulan hitam – ya, pulau ini memiliki semuanya!

6. Lakukan Perjalanan Sehari ke Ang Thong Marine Park

Ang Thong Marine Park adalah perjalanan sehari yang indah dari Koh Samui. Sebuah negara kepulauan dengan 42 pulau dengan gunung kapur yang menjulang tinggi, aktivitas utama yang bisa dinikmati adalah snorkeling, hiking, kayak laut, berlayar atau bersantai di salah satu pantainya.

Danau Zamrud akan menjadi puncak perjalanan Anda, tetapi seluruh area itu indah dan damai. Untuk makan siang, saya mampir di sebuah pulau pasir putih di mana pohon palem berjajar di pantai, itu sangat sempurna.

7. Resapi Budaya Thailand

Jika Anda ingin merasakan Budaya Thailand, ada beberapa pilihan.

Perkelahian tinju amatir kecil Muay Thai diadakan di beberapa bar dengan peserta pria dan wanita. Tidak masalah apakah itu pertarungan besar atau kecil, ritual tradisional diikuti sebelum setiap pertandingan. Saya telah ke beberapa Pertandingan Thai Boxing di Chiang Mai, Bangkok dan Koh Samui, dan percaya ini adalah cara terbaik untuk membenamkan diri Anda ke dalam budaya.

Jika Thai Boxing bukan untuk Anda, bagaimana kalau menonton Tarian tradisional Thai? Saya menonton pertunjukan pada malam wanita dan menikmati koktail setengah harga selama pertunjukan. Tarian tradisional Thailand melibatkan gadis-gadis anggun dan terkadang waria yang mengenakan kostum sulaman indah, menari dengan cara yang lambat, tepat dan halus.

Berbicara tentang ladyboy, pertunjukan Cabaret sangat besar di Thailand dan dapat ditemukan di mana-mana. Anda belum pernah ke Thailand jika Anda belum pernah ke Kabaret, dan yang tidak menginginkan hiburan malam berupa nyanyian, tarian, dan tawa saat Anda sedang liburan!