Tips Traveling
10 Kota Teratas di China yang Wajib Dikunjungi

10 Kota Teratas di China yang Wajib Dikunjungi

Membentang 5.250 kilometer dari timur ke barat, Cina hampir seukuran Eropa. Dan dengan bentang alam mulai dari formasi batu kapur yang dramatis di Guilin hingga Gurun Gobi yang gersang – nampaknya beberapa negara tergabung menjadi satu. Tanah yang luas ini juga merupakan rumah bagi banyak kota yang menakjubkan dan di sini kami telah mempersempitnya menjadi 10 kota teratas untuk dikunjungi di China.

1. Beijing

Sebagai pusat politik, ekonomi, dan budaya Tiongkok, Beijing menawarkan atraksi bersejarah yang hanya dapat ditandingi oleh beberapa kota lain. Atraksi yang terdaftar di UNESCO termasuk Kota Terlarang yang megah dan, dengan total tujuh situs warisan dunia, Beijing menawarkan jumlah yang sama dengan seluruh Mesir.

Meskipun di permukaan Beijing mungkin tampak modern, dengan gedung pencakar langitnya yang menjulang tinggi dan jalan raya yang luas, di bawahnya tetap ada permata dari masa kekaisarannya. Gang-gang kuno yang dikenal sebagai hĂșt crng melintasi kota, menawarkan kedai teh yang menawan dan halaman yang tenang.

Makan di luar adalah kegiatan sosial utama di sini, dengan lebih dari 60.000 restoran menawarkan beragam masakan yang menakjubkan. Dan jangan lupa, Tembok Besar yang megah juga dapat dicapai dengan berkendara singkat.

2. Shanghai

Terletak di muara Sungai Yangtze, Shanghai melambangkan kebangkitan Cina ke status kekuatan global. Rumah bagi menara tertinggi kedua di dunia, kota besar ini terkenal dengan cakrawala yang berkilauan, paling baik dilihat dengan berjalan-jalan di sepanjang area tepi laut yang dikenal sebagai Bund.

Kota ini juga terkenal dengan pusat perbelanjaannya, dengan Jalan Nanjing menjadi jalan perbelanjaan utama Cina. Membentang sejauh lebih dari 5 kilometer, jalan yang ramai ini menarik ribuan pembeli dari seluruh dunia untuk mencari barang murah.

Ada beberapa kota air kuno di dekatnya yang juga patut dikunjungi. Zhujiajiao, khususnya, mengingatkan kita pada Venesia dengan kanal yang menawan dan jembatan yang terawat baik.

3. Harbin

Terletak dekat dengan dataran sub-Siberia yang luas di ujung utara, Harbin adalah ‘Kota Es’ China. Setiap tahun kota ini menyelenggarakan Festival Es dan Salju Internasional Harbin, yang merupakan festival musim dingin terbesar di dunia.

Diadakan dari akhir Desember hingga Februari, festival ini terkenal dengan ukuran dan skala pahatan esnya. Tersebar di area seluas 600.000 meter persegi, kreasi raksasa ini diterangi dengan indah, menciptakan negeri ajaib musim dingin yang unik.

Di luar perayaan musim dingin, pengunjung dapat menjelajahi distrik Daoli yang bersejarah di Harbin. Jalan utama yang dikenal sebagai Zhongyang Dajie menawarkan berbagai macam restoran, kafe, dan toko.

4. Xi’an

Dengan sejarah yang mencakup sekitar 3.000 tahun, Xi’an berfungsi sebagai ibu kota Tiongkok selama 13 dinasti. Dan setelah berabad-abad mengalami kemunduran, kota ini mendapatkan ketenaran global setelah penemuan Terracotta Warriors pada tahun 1974.

Tapi ada lebih banyak hal di Xi’an selain pasukan tentara bawah tanahnya. Kartu undian termasuk Pagoda Angsa Liar Besar, Menara Genderang, dan Menara Lonceng. Kota ini juga dikelilingi oleh tembok abad ke-14, yang sempurna untuk berjalan-jalan santai atau bersepeda.

Sebagai titik terakhir di Jalur Sutra, Xi’an menawarkan perpaduan budaya dan agama. Ini

5. Suzhou

Digambarkan sebagai ‘Venesia dari Timur’, kota Suzhou yang berusia 2.500 tahun terletak di jaringan saluran air yang terhubung ke Grand Canal. Menawarkan perpaduan taman yang elegan, kuil kuno, dan istana yang menakjubkan, kota ini tentunya harus dikunjungi.

Jelajahi Kota Tua Suzhou dan lihat seperti apa Tiongkok sebelum transportasi bermotor. Berjalan-jalan di jalanan berbatu yang indah atau naik gondola santai di bawah jembatan yang melengkung di atas kanal.

Jika Anda memiliki lebih banyak waktu, pastikan untuk berjalan di jalur berlantai ubin mosaik di Taman Lingering. Atau mungkin mendaki Tiger Hill untuk melihat Pagoda Miring yang megah.

6. Hong Kong

Salah satu pusat keuangan terbesar di dunia, Hong Kong memiliki tampilan futuristik yang ditandai dengan gedung pencakar langit dari baja dan kaca yang menjulang tinggi. Padahal sebenarnya, kota ini memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan para pecinta alam.

Lebih dari 70% Hong Kong terdiri dari taman dan pegunungan yang luas, menawarkan berbagai kesempatan hiking. Rute populer termasuk pendakian Dragon’s Back atau Anda dapat mendaki Puncak untuk menikmati pemandangan kota yang mengesankan.

Memotong melalui pusat Hong Kong adalah Pelabuhan Victoria, di mana Anda dapat menikmati pelayaran dengan perahu tradisional. Pulau Lantau juga patut dikunjungi untuk mengagumi Giant Bronze Buddha.

7. Hangzhou

Terletak hanya satu jam naik kereta dari Shanghai, Hangzhou adalah salah satu tempat liburan paling populer di Cina. Sorotannya adalah Danau Barat yang indah, yang telah menjadi simbol kota.

Danau ini menawarkan pemandangan perbukitan hijau, pagoda, dan kuil yang menakjubkan – dan telah menginspirasi seniman dan penyair sejak abad ke-9. Bunga teratai menutupi danau di musim panas, menciptakan pemandangan yang memikat baik penduduk lokal maupun pengunjung.

Hangzhou juga merupakan rumah bagi kanal terpanjang di dunia, yang membentang lebih dari 2.000 kilometer. Pemandangan kuliner yang menarik dan kehidupan malam yang meriah semakin menambah daya pikat kota ini.

8. Luoyang

Dulunya merupakan pusat peradaban Tiongkok, Luoyang adalah ibu kota kuno dari 13 dinasti. Sayangnya, saat ini hanya sedikit yang bisa dilihat dari kejayaan masa lalu kota ini, namun, kota ini memiliki satu daya tarik utama yang menarik pengunjung dari jauh dan luas.

Luoyang terletak sangat dekat dengan Longmen Grottoes yang terkenal, sebuah situs yang mewakili beberapa koleksi seni Tiongkok terbesar dan paling mengesankan. Terdiri dari lebih dari 2.300 gua dan relung yang diukir di tebing tepi sungai, gua tersebut berisi 110.000 patung batu Buddha.

Di kotanya sendiri, tempat terbaik untuk melihat arsitektur kuno yang tersisa adalah Kota Tua. Masuk melalui Gerbang Lijing dan nikmati hiruk pikuk kehidupan lokal saat Anda berjalan-jalan di antara jalan-jalan sempit.

9. Chengdu

Ditemukan di provinsi Sichuan, Chengdu adalah ibu kota panda China. Rumah bagi Pangkalan Penelitian Penangkaran Panda Raksasa Chengdu, kota ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat hewan ikonik ini.

Basis penelitian didedikasikan untuk pengembangbiakan dan konservasi panda raksasa, dengan populasi yang telah berkembang dari hanya enam pada tahun 1987 menjadi lebih dari 80 saat ini. Dan sambil mengamati mereka, pengunjung dapat mempelajari semua tentang spesies di Museum Panda Raksasa.

Saat berada di Chengdu, pastikan untuk melihat budaya rumah teh kota. Kota ini juga terkenal dengan masakan Sichuan, jadi jangan pergi begitu saja.

10. Lijiang

Menawarkan pemandangan alam yang spektakuler, Lijiang diberkati dengan pegunungan yang tertutup salju dan danau yang indah. Dengan banyak rute hiking dan aktivitas luar ruangan yang ditawarkan, tempat ini populer bagi pecinta petualangan dan backpacker.

Sorotan tak terbantahkan dari Lijiang adalah Kota Tua yang terdaftar di UNESCO. Berdiri sejak lebih dari 800 tahun yang lalu, daerah ini terkenal dengan arsitektur kuno dan saluran airnya.

Lijiang juga merupakan wilayah utama yang dihuni oleh masyarakat Naxi. Berasal dari Tibet, Naxi telah tinggal di Lijiang selama lebih dari 1.000 tahun dan pengunjung cenderung melihat mereka mengenakan pakaian tradisional.