Tips Traveling
6 Pengalaman Terbaik untuk Dimiliki di Rusia

6 Pengalaman Terbaik untuk Dimiliki di Rusia

Mencakup lebih dari 17 juta kmĀ² di Eropa Timur dan Asia, Rusia adalah negara terbesar di dunia. Atraksi utamanya berkisar dari kota Moskow dan St Petersburg hingga pedesaan yang indah dan kota-kota Cincin Emas yang menawan. Ini adalah tujuan sekali seumur hidup yang menawarkan berbagai pengalaman lokal yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Untuk memberi Anda lebih banyak gambaran tentang apa yang ditawarkan, berikut adalah pilihan pengalaman terbaik kami di Rusia.

1. Naik Kereta Api Trans-Siberia

Salah satu perjalanan kereta paling ikonik di dunia, Kereta Api Trans-Siberia menghubungkan Moskow dengan Timur Jauh. Ini melintasi seluruh panjang Rusia (sepertiga dunia) dan, tergantung pada jumlah pemberhentian yang Anda lakukan, dapat memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menyelesaikannya.

Rutenya mencakup berbagai lanskap yang mempesona, dari Pegunungan Ural hingga Gurun Gobi, dan ada banyak kegiatan untuk dinikmati di sepanjang jalan. Anda bisa naik kereta luncur anjing di Yekaterinburg atau menyelam di bawah permukaan Danau Baikal kuno.

Jika Anda kekurangan waktu, lakukan perjalanan singkat selama dua jam dengan Trans-Siberia dari Moskow ke Vladimir. Dulunya merupakan ibu kota abad pertengahan, kota ini adalah rumah bagi Katedral Assumption putih yang mempesona dan merupakan perjalanan sehari yang mudah.

2. Kunjungi Banya Tradisional

Perjalanan ke pemandian Rusia, atau Banya, adalah hal yang harus dilakukan saat mengunjungi Negeri Tsar. Disamakan dengan sauna, banyas sedikit lebih dingin dan memiliki uap yang lebih basah, menawarkan pengalaman yang lebih menghidrasi daripada yang biasa Anda lakukan di spa di rumah.

Banya telah ada selama berabad-abad di Rusia dan masih populer hingga saat ini. Anda akan menemukannya di kota-kota seperti Moskow, dengan beberapa keluarga juga memasang sendiri di pondok musim panas mereka. Dikatakan baik untuk kesehatan dan kulit Anda, ini adalah cara sempurna untuk melakukan pemanasan jika Anda telah bertamasya selama bulan-bulan musim dingin.

3. Menghadiri Malam Panjang di Museum

Antara akhir Mei dan akhir Juli, kota St Petersburg yang indah menjadi hidup untuk Festival Malam Putih tahunan. Selama bulan-bulan ini, matahari tidak pernah sepenuhnya terbenam dan kota ini menampilkan banyak acara di seluruh teaternya yang megah.

Salah satu acara festival yang paling terkenal adalah Malam Panjang di Museum. Pada tanggal ini, beberapa museum dan galeri paling bergengsi di kota ini buka hingga dini hari. Tiket masuk gratis dan pengunjung dapat menikmati melihat-lihat koleksi dan pameran menarik mereka di malam hari.

4. Naik Metro Moskow

Metro Moskow tidak hanya termasuk di antara yang terbersih di dunia, tetapi juga yang terindah. Stasiunnya yang seperti ballroom memiliki langit-langit barok, tiang marmer, dan lampu gantung berornamen, membuatnya tidak seperti sistem transportasi lainnya.

Dibuka pada tahun 1935, sistem ini memiliki total 206 stasiun dan 13 jalur bawah tanah. Beberapa stasiun terindah termasuk Mayakovskaya, Aviamotornaya, dan Kievskaya, tetapi cukup naik turun untuk melihat apa lagi yang dapat Anda temukan.

5. Jalan-jalan di Sekitar Peterhof

Terletak tepat di luar kota St Petersburg, Peterhof sering disebut sebagai ‘Versailles’ Rusia. Dipengaruhi oleh kunjungan Peter the Great ke Prancis pada awal abad ke-18, kompleks ini menampilkan serangkaian istana dan taman yang elegan yang merupakan rumah bagi para Tsar.

Daya tarik terbesar Peterhof adalah Grand Palace bergaya Barok di pusatnya. Dikelilingi oleh taman dan air mancur yang spektakuler, ini adalah tempat terbaik untuk mulai menjelajahi objek wisata yang terdaftar di UNESCO ini.

6. Masuk ke Dalam Bunker Soviet

Bagi mereka yang tertarik dengan sejarah Rusia yang lebih baru, kunjungan ke Museum Perang Dingin Bawah Tanah adalah suatu keharusan. Terletak di dalam bunker Soviet era Stalinis, museum ini dengan cerdik tersembunyi 65 meter di bawah gedung apartemen biasa di jantung kota Moskow.

Dibangun pada 1950-an, dan beroperasi sepanjang 1970-an, tujuan bunker adalah untuk melindungi beberapa orang terpilih jika terjadi perang nuklir. Baru pada tahun 1990-an bungker tersebut keluar dari daftar rahasia dan akhirnya terbuka untuk pengunjung. Rasakan tur interaktif untuk mendapatkan wawasan menarik tentang era Perang Dingin yang menegangkan.