Tips Traveling
7 Hal yang Dapat Anda Kunjungi di Mandalay

7 Hal yang Dapat Anda Kunjungi di Mandalay

Mandalay adalah rumah bagi banyak pagoda dan tidak mungkin untuk melihat semuanya. Bagian daftar ini berisi semua pagoda indah yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda datang untuk menjelajahi Mandalay.

Semua pagoda dan kuil ini sangat penting bagi penduduk setempat, jadi pastikan untuk berpakaian dengan tepat saat mengunjunginya. Bersikaplah hormat dan jangan mengambil foto yang menyertakan PDA karena sebagian besar situs ini memiliki biksu yang sedang bermeditasi dan penduduk setempat sedang beribadah.

1. Pagoda Kuthodaw

Pagoda Kuthodaw adalah sebuah stupa Buddha di Mandalay yang terletak di kaki Bukit Mandalay. Dikenal sebagai buku terbesar di dunia, buku ini dikelilingi oleh 729 kuil, masing-masing berisi lempengan marmer yang di kedua sisinya tertulis Tripiṭaka dan teks-teks Buddhis lainnya.

2. Pagoda Sanda Muni

Pagoda Sanda Muni terletak di sekitar yang sama dengan Pagoda Kuthodaw dan dibangun dengan gaya yang sama dengan banyak pagoda putih yang tersebar di sekitar pagoda utama. Itu disahkan oleh Raja Mindon pada tahun 1874 untuk mengenang adiknya.

3. U Min Thonze

Terletak di Bukit Sagaing di seberang sungai, U Min Thonze secara harfiah berarti kuil 30 gua. Naiki tangga dari gerbang utama dengan sepatu Anda melewati banyak kios dan lepaskan saat Anda mencapai pintu masuk utama candi ini.

Ini adalah tempat kecil yang memiliki arsitektur rumit di fasad dan ditutupi dengan warna hijau pastel dan emas. Disebut kuil 30 gua mengacu pada 30 pintu masuk ke galeri setengah lingkaran yang menampung 45 patung Buddha. 45 gambar Buddha ini terlihat spektakuler dengan dinding kaca mengkilap sebagai latar belakang dan ubin yang menakjubkan.

4. Pagoda Hsinbyume

Pagoda Hsinbyume adalah salah satu pagoda yang paling menakjubkan dan unik dan wajib dikunjungi di Mandalay. Hal yang membuatnya berbeda dari semua pagoda lainnya adalah arsitekturnya dan itulah sebabnya ia menjadi salah satu atraksi utama Mandalay.

Ini adalah pagoda melingkar besar yang terletak di Mingun, sekitar 10 km dari kota Mandalay dengan beberapa struktur seperti gelombang. Anda dapat memanjat setiap tingkat pagoda dan satu-satunya hal yang harus diperhatikan adalah kaki Anda karena lantainya memiliki kerikil kecil dan tidak beton.

5. Mingun Pahtodawgyi (Pagoda)

Mingun Pahtodawgyi adalah stupa yang tidak lengkap di Mingun. Sengaja dibiarkan tidak lengkap karena pembangunannya banyak merugikan rakyat dan negara. Untuk menghentikan proyek ini, sebuah ramalan dibuat (yang memiliki 2 variasi) karena raja sangat percaya takhayul.⁣

Satu ramalan mengatakan bahwa segera setelah pembangunan pagoda selesai, negara akan lenyap dan ramalan lainnya mengatakan bahwa segera setelah pembangunan itu selesai, raja akan mati.

6. Kuil Buddha Mahamuni

Sering diabaikan dan tidak dikunjungi wisatawan, Pura Mahamuni Budhha sangat memukau. Ini adalah kuil Buddha dan situs ziarah utama. Pagoda ini istimewa hanya karena dilapisi dengan daun emas tetapi daya tarik utama adalah patung Buddha emas besar di dalamnya.

7. Mingun Bell

Mingun Bell terletak di antara Wisata Alam Mojokerto dan pagoda Mingun dan seharusnya digunakan di Pagoda Mingun tetapi karena tidak lengkap sehingga tidak pernah sampai di sana. Ini adalah pemberhentian cepat untuk melihat bel ini dan biaya masuknya sudah termasuk dalam Tiket Zona Arkeologi Sagaing Mingun.