Tips Traveling
5 Tips Berlibur Ke Pantai Dengan Aman Dan Nyaman

5 Tips Berlibur Ke Pantai Dengan Aman Dan Nyaman

Wisata bahari hingga detik ini masih menjadi tujuan favorit untuk menghabiskan waktu libur. Deburan ombak yang menerjang karang, hembusan angin yang lembut, kejernihan air lautnya, hingga pasirnya yang lembut begitu menenangkan bagi pikiran yang kalut. Sebelum berangkat menuju pantai yang diinginkan, penting untuk mengetahui tips agar tetap aman dan nyaman selama berada disana.

1. Mencari Informasi Tentang Tempat Tujuan

Berlibur akan semakin menyenangkan ketika mengetahui informasi dasar tentang tempat tujuan yang hendak dikunjungi. Mulai dari akses menuju lokasi wisata, tersedianya makanan dan minuman, ketersediaan penginapan, aktifitas apa saja yang bisa dilakukan disana, harga tiket, dan masih banyak lagi. Semua informasi tersebut sangat berguna agar acara berlibur berjalan sesuai rencana yang telah disusun sebelumnya.

Mengetahui kondisi lingkungan sekitar tempat wisata sangat membantu agar tidak kebingungan selama berada disana. Persiapan matang membantumu mendapatkan momen berlibur asyik tanpa perlu dibayangi rasa khawatir. Hal yang tidak kalah penting untuk diketahui yaitu budaya sekitarnya untuk menghormati masyarakat sekitar dan alamnya. Tentu saja informasi ini sangat penting agar terhindari dari resiko yang tidak diinginkan.

2. Menggunakan Pakaian Berbahan Ringan dan Menyerap Keringat

Pantai termasuk kawasan dengan iklim yang cukup hangat, sehingga mengenakan pakaian berbahan ringan dan mampu menyerap keringat dapat membuat tubuh merasa nyaman. Berwisata ke pantai juga identik dengan bermain air lautnya, yang berarti kemungkinan pakaian basah lebih besar dibandingkan mengunjungi destinasi wisata lainnya. Dengan mengenakan pakaian berbahan ringan, membantunya lebih cepat kering.

Pakaian yang ringan akan terasa nyaman ketika berenang maupun sekedar bermain di bibir pantainya. Walaupun berenang di laut memang menyenangkan, namun pastikan untuk tidak melebihi garis aman yang sudah ditentukan demi menjaga keselamatan. Sebab batas tersebut menandakan jika gelombang airnya semakin kuat dan dalam, sehingga akan sangat berbahaya jika ada yang berani melanggarnya.

3. Membawa Pelindung Matahari

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa pantai termasuk wilayah dengan iklim hangat yang membuat kulit terasa terbakar. Inilah mengapa menyiapkan pelindung dari sinar matahari sangat diperlukan Otota, agar kulit tetap sehat dan terjaga dengan baik. Beberapa peralatan perlindungan diri yang bisa dibawa seperti sunblock atau sunscreen, topi, payung, hingga kacamata harus masuk dalam tas travelingmu.

4. Tetap Waspada dan Berhati Hati

Tujuan utama berlibur ke pantai adalah untuk bersenang senang, namun jangan lupa untuk tetap wasapada dan berhati hati selama berada disana. Perhatikan kembali dimana meletakkan barang barang bawaan dan perhatikan apakahkah binatang pantai yang mungkin berada dekat denganmu untuk menghindari sengatan ataupun gigitannya. Gunakan alas kaki yang nyaman dan perhatikan setiap langkah akar kaki tidak tertusuk karang kecil.

5. Membilas Usai Bermain Air Laut

Puas menikmati kesegaran air lautnya, saatnya pergi membilasnya dengan air bersih yang mengalir. Membilas badan usai bermain di laut adalah sebuah kewajiban, karena air laut mengandung air garam cukup tinggi dan tidak semua orang bisa tahan dalam waktu yang lama. Lepaskan pakaian yang basah karena terkena air laut dan menggantinya dengan pakaian kering dan bersih, mengingat kandungan garamnya dapat membuat kulit kering.

Berlibur ke pantai bersama sahabat disebut sebagai keputusan tepat untuk menghilangkan penat. Agar acara liburan sesuai rencana, siapkan dahulu berbagai perlengkapan matang sebelum pergi ke tempat tujuan. Mulai dari hal sederhana seperti mencari tahu informasi tempat tujuan, menyiapkan aneka perlengkapan, dan masih banyak lagi. Demi kelestarian lingkungannya, selalu buanglah sampah di tempatnya agar keindahannya tetap terjaga.