Destinasi Wisata
10 Tempat Wisata di Kroasia Selatan yang Paling Menakjubkan

10 Tempat Wisata di Kroasia Selatan yang Paling Menakjubkan

Tidak mengherankan bahwa para pelancong berbondong-bondong ke Kroasia selatan. Daerah di Dalmatia ini menawarkan pantai berkerikil yang menakjubkan, banyak pulau yang indah, pegunungan yang indah, kilang anggur yang sangat baik, dan reruntuhan kuno yang menakjubkan. Kroasia Selatan juga telah menarik penggemar serial HBO yang sangat populer, “Game of Thrones” karena banyak lokasi syuting acara tersebut dapat ditemukan di Dubrovnik – kota paling terkenal di Kroasia – serta kota Split. Kroasia juga merupakan tempat yang sangat baik untuk pelancong aktif. Bersepeda, kayak, dan berlayar hanyalah beberapa dari banyak kegiatan populer yang dapat Anda nikmati saat berada di Dalmatia selatan yang indah.

1. Omis

This small town, which is located at the mouth of the Cetina River, has a colorful past. During the 12th and 13th centuries, it was home to notorious pirates who would attack passing ships and then retreat up the river with their prizes. Today, pirates still play a large role in Omis – not as mercenaries, but as tourist experiences. During August, there is a Pirate Festival and all during the summer months, there is a weekly pirate night. Of course, there is more to Omis than just pirates. The area around this town is an active traveler’s paradise. Some of the activities that you can engage in around Omis include windsurfing, rafting, cycling and free climbing. Omis is also home to a number of historical sites, such as the 13th-century Mirabella fortress, and beautiful old churches.

2. Cavtat

Cavtat yang indah, yang terletak di semenanjung Tikus berhutan sekitar 45 menit ke selatan dari Dubrovnik, telah lama menjadi tempat peristirahatan bagi orang kaya dan terkenal di Kroasia. Saat ini, kota yang menawan ini juga berkembang sebagai tujuan wisata bagi orang non-Kroasia, yang memikat wisatawan dengan bangunan tua yang indah yang berasal dari masa Republik Dubrovnik lama serta reruntuhan kuno pemukiman lainnya. Di antara pemandangan paling populer di Cavtat adalah Gereja St. Nicholas, yang menampilkan karya-karya dari pelukis kota yang paling terkenal, Vlaho Bukovac. Cavtat juga memiliki kawasan pejalan kaki tepi laut yang cantik di mana Anda dapat menikmati makanan sambil mengagumi keindahan laut biru yang jernih.

Baca Juga:  4 Destinasi Wisata di Selandia Baru yang Menakjubkan

3. Ston

Pada abad pertengahan, garam merupakan elemen yang sangat penting. Dan Ston dulu dan merupakan desa penghasil garam yang terletak di tanah genting yang menghubungkan daratan Kroasia dengan Semenanjung Peljesac. Untuk melindungi desa kecil ini dan garamnya yang berharga, pembangunan tembok sepanjang 7 km (4 mil) yang mengesankan dimulai pada tahun 1333. Tembok abad pertengahan ini, yang membentang dari Ston ke desa kecil Mali Ston, sebenarnya lebih panjang daripada tembok itu. milik tetangganya yang lebih terkenal, Dubrovnik. Faktanya, mereka adalah struktur pertahanan terpanjang di Eropa dan kadang-kadang disebut sebagai tembok Eropa Cina. Meskipun tembok itu pernah memiliki 40 menara, hanya 20 yang tersisa hari ini. Daerah Ston juga merupakan rumah bagi tempat tidur tiram yang dikatakan menghasilkan beberapa tiram dengan rasa terbaik di dunia.

4. Brac

Jika Anda lebih suka pengalaman otentik daripada yang mewah, Anda pasti ingin memasukkan Brac ke dalam rencana perjalanan Kroasia Anda. Pulau ini, yang merupakan pulau terbesar ketiga di Adriatik, memiliki hamparan pasir yang sangat indah. Faktanya, Brac adalah rumah bagi salah satu pantai paling terkenal di Kroasia, Zlatni Rat, yang terletak di dekat Bol dan memanjang ke laut seperti jari. Brac juga telah mendapatkan reputasi untuk minyak zaitun yang sangat baik yang diproduksi di pulau ini, jadi pastikan untuk mencoba setidaknya sedikit rasa sebelum Anda meninggalkan pulau ini.

5. Makarska Riviera

Jika Anda mencari pantai berpasir di Kroasia selatan, pergilah ke Makarska Rivera. Hamparan garis pantai yang indah ini, yang merupakan taman bermain populer bagi orang Eropa, terletak di antara Brela dan Gradac dan dihiasi dengan desa-desa lama dan baru. Dan Makarska Riviera juga merupakan salah satu dari sedikit tempat di Kroasia di mana Anda dapat menemukan pantai berpasir selain pantai berkerikil yang lebih umum. Daerah yang indah ini dinamai untuk kota utamanya, Makarska, yang terletak di teluk terlindung di Laut Adriatik. Meningkat secara dramatis di belakang Makarska adalah Gunung Biokovo, gunung tertinggi kedua di Kroasia dan tempat yang menyenangkan untuk mendaki atau bersepeda gunung.

Baca Juga:  10 Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Estonia

6. Trogir

Terletak di sebuah pulau kecil, Trogir yang kompak menawarkan Kota Tua Romawi-Gotik yang terpelihara dengan baik. Pertama kali didirikan pada abad ke-3, Trogir berisi banyak situs yang tidak boleh dilewatkan, termasuk banyak istana, benteng, dan Gereja St. Lawrence yang menakjubkan – di Kroasia, Katedrala Sv. cinta. Pendakian ke puncak menara gereja ini akan memberi Anda salah satu pemandangan terbaik dari daerah sekitarnya. Dan karena Kota Tua Trogir kecil, sangat mudah untuk berjalan kaki. Tempat populer lainnya untuk berjalan-jalan? Kawasan pejalan kaki tepi laut Trogir yang luas.

7. Split

Split adalah kota yang ramai, terbesar kedua di Kroasia. Selama bertahun-tahun, Split, yang terletak di pusat Dalmatia, terutama dikenal sebagai pusat transportasi dan tempat yang bagus untuk menjelajahi berbagai pulau di daerah tersebut, termasuk Brac. Namun, hari ini, para pelancong menemukan bahwa kota pesisir Mediterania ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Atraksi Split yang paling terkenal adalah Istana Diocletian. Kompleks besar dan luas ini berasal dari zaman Romawi dan menampung lebih dari 200 rumah. Split juga merupakan rumah bagi Katedral St. Domnius, sebuah gereja yang terpelihara dengan indah. Seperti Dubrovnik, kota yang indah ini telah menjadi latar belakang serial televisi “Game of Thrones”.

8. Korcula

Tahukah Anda bahwa Dubrovnik memiliki semacam adik perempuan? Jika Anda bepergian ke pulau Korcula dan mengunjungi Kota Tua dengan nama yang sama, Anda akan menemukan versi mini Dubrovnik yang mempesona, lengkap dengan alun-alun dan istana abad pertengahan. Beberapa orang bahkan menyebut Kota Korcula sebagai Little Dubrovnik. Pulau panjang dan sempit, yang tertutup hutan lebat, juga dikatakan sebagai tempat kelahiran Marco Polo, penjelajah terkenal – meskipun orang Italia tampaknya tidak senang dengan klaim ini. Korcula juga dikenal dengan anggur putihnya yang istimewa. Jadi, jika Anda menyukai vino yang enak, pastikan untuk mengunjungi kebun anggur Korcula sehingga Anda dapat mencicipi beberapa anggur yang luar biasa di pulau ini.

Baca Juga:  5 Hal Mengagumkan yang Dapat Dilakukan di Kepulauan Karibia

9. Hvar

Anda tidak harus muda, kaya atau terkenal untuk menikmati Hvar tetapi, tentu saja, tidak ada salahnya jika Anda ingin menyesuaikan diri dengan pengunjung pulau lainnya. Beberapa selebriti yang terlihat baru-baru ini di Hvar termasuk superstar Jay-Z dan Beyonce dan Pangeran Harry. Jadi ada apa dengan Hvar yang menarik orang-orang kaya dan mega-terkenal? Nah, untuk satu hal, Hvar mengklaim menikmati sinar matahari paling banyak dari semua pulau Kroasia. Lalu ada ibu kota pulau, Kota Hvar, yang terkenal dengan jalan-jalan abad pertengahan dan kehidupan malamnya yang menarik. Tapi itu bukan hanya pulau pesta. Hvar juga dikenal dengan ladang lavendernya yang indah, gua dan atraksi menarik, seperti benteng abad ke-16, Fortica, dan Biara dan Museum Fransiskan.

10. Dubrovnik

Dubrovnik bukan ibu kota Kroasia, juga bukan kota terbesar di negara ini. Tapi itu, bisa dibilang, tujuan paling terkenal di Kroasia. Ini juga merupakan salah satu kota yang paling indah. Dikenal sebagai Mutiara dari Laut Adriatik, Kota Tua berdinding kota yang menakjubkan ini menawarkan jalan-jalan marmer dan terkenal dengan bangunan putihnya yang dimahkotai oleh atap oranye. Berjalan-jalan di Kota Tua Dubrovnik adalah pesta untuk mata, karena Anda akan melewati bangunan cantik yang terpelihara dengan baik dari periode Gotik, Renaisans, dan Barok. Seolah-olah itu belum cukup keindahan untuk dilihat, Dubrovnik juga terletak di Laut Adriatik yang berwarna biru elektrik – latar belakang yang menakjubkan untuk kota yang sudah menakjubkan.